PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA DI KELAS X MA MASYHUDIYAH GIRI KEBOMAS GRESIK

Puspitasari, Luciana (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA DI KELAS X MA MASYHUDIYAH GIRI KEBOMAS GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu cara untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas adalah melalui peningkatan mutu pendidikan baik peningkatan mutu pendidik maupun proses belajar mengajar. Peserta didik di sekolah MA Masyhudiyah Giri Kebomas Gresik cenderung konsumtif dan guru bersifat dominan dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran berpusat pada guru. Oleh karena itu, perlu adanya perubahan yang pada awalnya pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah model pembelajaran reciprocal teaching karena model pembelajaran ini memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menemukan sendiri konsep yang dipelajari dengan jalan berperan aktif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik selama pembelajaran, ketuntasan belajar peserta didik, dan respon peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-A tahun ajaran 2009/2010 MA Masyhudiyah Giri Kebomas Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan “one shot case studi”. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh kriteria baik dengan nilai rata-rata 78,13. Aktivitas peserta didik selama pembelajaran dapat dikatakan aktif. Ketuntasan belajar peserta didik dikatakan tuntas karena ketuntasan belajar yang dicapai secara klasikal sebesar 91,49%. Peserta didik memberikan respon baik terhadap model pembelajaran reciprocal teaching.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran reciprocal teching
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2020 13:01
Last Modified: 27 Nov 2020 13:01
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4209

Actions (login required)

View Item View Item