PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS TIPE BUZZ GROUP DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT DI KELAS VIIC SMP MUHAMMADIYAH 1 GRESIK

Widhianti, Anita (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS TIPE BUZZ GROUP DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT DI KELAS VIIC SMP MUHAMMADIYAH 1 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (450kB)

Abstract

Penelitian pendahuluan yang peneliti lakukan di SMP Muhammadiyah 1 Gresik serta wawancara dengan salah satu guru matematika ternyata dalam proses belajar mengajar masih sering berpusat pada guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses belajar dikelas termasuk belajar matematika. Untuk itu perlu dikembangkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan interaksi antara peserta didik dengan peserta didik. Selain itu, diperlukan juga metode mengajar yang dapat meningkatkan penguasaan materi pelajaran sehingga peserta didik dapat belajar bersama-sama untuk menemukan konsep matematika dengan bimbingan dari guru. Dengan demikian peserta didik menjadi aktif dalam pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran, ketuntasan belajar peserta didik dan respon peserta didik terhadap model pembelajaran diskusi kelas tipe buzz group dengan metode penemuan terbimbing pada materi pokok segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Gresik tahun ajaran 2008-2009 yang terdiri dari 39 peserta didik. Dari hasil analisa dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diskusi kelas tipe buzz group dengan metode penemuan terbimbing dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 86,54. Aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran diskusi kelas tipe buzz group dengan metode penemuan terbimbing dikatakan efektif. Peserta didik tuntas belajar sebesar 87,18%. Sesuai kurikulum SMP Muhammadiyah 1 Gresik secara klasikal ketuntasan belajar peserta didik telah tercapai. Respon peserta didik terhadap pembelajaran diskusi kelas tipe buzz group dengan metode penemuan terbimbing dapat dikategorikan baik dengan persentase 89,78%

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Diskusi Kelas, Buzz Group, Metode Penemuan Terbimbing
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2020 03:00
Last Modified: 30 Nov 2020 03:00
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4227

Actions (login required)

View Item View Item