PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG DAN SEGITIGA DI KELAS IV MI DARUL ULUM BENEM SELATAN DUDUK SAMPEYAN GRESIK

Khikmiyah, Fatimatul (2008) PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG DAN SEGITIGA DI KELAS IV MI DARUL ULUM BENEM SELATAN DUDUK SAMPEYAN GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (4kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di MI Darul Ulum Benem Selatan, pembelajaran matematika yang dilaksanakan sangat berpusat pada guru. Biasanya siswa hanya menghafalkan saja rumus yang diberikan oleh guru sehingga tidak mampu menerapkannya dalam situasi aplikatif. Disamping itu, Pembelajaran matematika yang dilaksanakan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan ide sehingga pembelajaran terlihat kaku dan membosankan. Oleh karena itu, perlu diterapkan sebuah model pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, melibatkan seluruh komponen pembelajaran dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk membangun sendiri pengetahuan yang mereka miliki. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan hal tersebut adalah model Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran model Quantum Teaching. Sedangkan subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV (empat) MI Darul Ulum Benem Selatan Duduk Sampeyan Gresik, tahun pelajaran 2007/2008. Metode yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sangat baik (2) Aktivitas siswa tidak memenuhi waktu ideal (3) Hasil belajar siswa tuntas dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 81,25 %.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Model Quantum Teaching, kemampuan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar.
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2020 03:00
Last Modified: 30 Nov 2020 03:00
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4233

Actions (login required)

View Item View Item