PENGGUNAAN KOMIK SEBAGAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI POKOK TRAPESIUM DAN LAYANG – LAYANG KELAS VIIB SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME GRESIK

Fitriyah, Laili (2009) PENGGUNAAN KOMIK SEBAGAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI POKOK TRAPESIUM DAN LAYANG – LAYANG KELAS VIIB SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (598kB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari–hari matematika memegang peranan penting. Karena pentingnya ilmu matematika itulah maka upaya yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan menciptakan suasana yang menyenangkan. Salah satunya dengan pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbentuk komik dengan tujuan agar peserta didik memiliki minat dan semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain “one-shot case study” yaitu dalam suatu kelas dikenakan pembelajaran matematika menggunakan komik sebagai LKS dengan tujuan untuk mendeskripsikan terhadap aktivitas, respon dan hasil tes ketuntasan belajar peserta didik dikelas VIIB SMP Muhammadiyah 7 Cerme tahun pelajaran 2008/2009, untuk subjek penelitian sebanyak 38 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi yaitu lembar pengamatan aktivitas dan angket. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) aktivitas peserta didik selama pembelajaran matematika menggunakan komik sebagai LKS pada materi trapesium dan layang-layang dikelas VIIB SMP Muhammadiyah 7 Cerme dikategorikan tidak aktif. (2) Respon peserta didik selama pembelajaran matematika menggunakan komik sebagai LKS pada materi trapesium dan layang-layang dikelas VIIB SMP Muhammadiyah 7 Cerme adalah positif. (3) Hasil tes ketuntasan belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran matematika menggunakan komik sebagai LKS pada materi trapesium dan layang-layang dikelas VIIB SMP Muhammadiyah 7 Cerme mengalami ketuntasan. Dari 38 Peserta didik, yang dinyatakan tuntas sejumlah 34 dengan persentase 89,47% sedangkan yang tidak tuntas sejumlah 4 pesera didik dengan persentase 10,53%. Jadi secara klasikal peserta didik dinyatakan tuntas apabila mencapai 65% dari jumlah peserta didik yang tuntas secara individu yaitu sebesar 89,47%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komik sebagai LKS.
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2020 03:04
Last Modified: 30 Nov 2020 03:04
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4265

Actions (login required)

View Item View Item