PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA MATERI PERSEGI PANJANG DI KELAS V MI YIMI GRESIK

Mustarsidah, Cicik (2008) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA MATERI PERSEGI PANJANG DI KELAS V MI YIMI GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang dilakukan para guru matematika di MI YIMI GRESIK menggunakan sajian sebagai berikut : diajarkan teori-teori atau definisi, diberikan contoh-contoh, dan diberikan latihan soal sehingga pembelajaran berpusat pada guru. Oleh karena itu perlu adanya perubahan yang pada awalnya pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah model pembelajaran learning cycle karena model pembelajaran ini memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menemukan sendiri konsep yang dipelajari dengan jalan berperan aktif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik selama pembelajaran, ketuntasan belajar peserta didik, dan respon peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V Puteri tahun ajaran 2008/2009 MI YIMI GRESIK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan “one shot case study”. Adapun hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh kriteria baik dengan nilai rata-rata 83,25.Aktivitas peserta didik selama pembelajaran adalah aktif. Ketuntasan belajar peserta didik dikatakan tuntas karena ketuntasan belajar yang dicapai secara klasikal sebesar 88%. Peserta didik memberikan respon baik terhadap model pembelajaran learning cycle .

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran learning cycle
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2020 03:47
Last Modified: 30 Nov 2020 03:47
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4272

Actions (login required)

View Item View Item