PENGARUH PERILAKU BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI

Setiawati, Eka (2009) PENGARUH PERILAKU BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL (2).pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh perilaku belajar, kecerdasan emosional dan minat belajar mahasiswa akuntansi terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Perilaku belajar diukur dengan kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku, kunjungan keperpustakaan, kebiasaan menghadapi ujian, kecerdasan emosional dan minat belajar di ukur dengan pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan ketrampilan sosial, sedangkan tingkat pemahaman akuntansi diukur dengan nilai mata kuliah dibidang akuntansi. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 11,5 for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa perilaku belajar, kecerdasan emosional, serta minat belajar dalam penelitian ini yang mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi adalah minat belajar (2,857), sedangkan pengaruh negatif terjadi pada variabel perilaku belajar (1,111), dan kecerdasan emosional (-1,782). Koefisien korelasi antara variabel perilaku belajar, kecerdasan emosional, dan minat belajar dengan tingkat pemahaman akuntansi, yang bermakna adanya keterkaitan antara tingkat pemahaman akuntansi dengan perilaku belajar, kecerdasan emosional dan minat belajar sebesar 17,9%. Adjusted R 2 diperoleh sebesar 0,423 yang berarti perubahan tingkat pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh variabel perilaku belajar, kecerdasan emosional, serta minat belajar. Pengaruh perilaku belajar, kecerdasan emosional dan minat belajar secara statistik tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, hal ini bisa saja disebabkan karena banyaknya faktor-faktor diluar kecerdasan emosional yang berpengaruh dalam kehidupan individual, dalam hal ini mahasiswa akuntansi. Banyak faktor lain yang tidak teramati dalam penelitian ini, misalnya faktor tekanan mental, lingkungan pergaulan, trauma kegagalan, masalah pribadi, kegiatan diluar kampus (bekerja), budaya, atau bisa saja disebabkan perilaku belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Economic And Business > Accounting
Economic And Business
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Library of Congress Subject Areas > Accounting Study Program
Accounting Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 01 Dec 2020 03:26
Last Modified: 01 Dec 2020 03:26
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4287

Actions (login required)

View Item View Item