DAHLIA, NUR (2009) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN STRATEGI GROUP-TO-GROUP EXCHANGE (GTGE) PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP WALISONGO SEMBAYAT MANYAR GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (90kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (176kB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan suatu pendidikan berkaitan dengan masalah untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran di sekolah. Proses pambelajaran akan efektif apabila peserta didik berpartisipasi di dalamnya dan peserta didik melakukan sebagian besar kegiatan pembelajaran. Salah satu cara membuat peserta didik belajar aktif adalah dengan membuat mereka bertanya dan berani mengemukakan pendapatnya. Strategi group-to-group exchange (GTGE) merupakan pembelajaran kelompok yang melatih peserta didik untuk bekerja sama dalam kelompok dan melatih peserta didik belajar sambil beraktivitas, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah komparatif yang bertujuan unuk mengetahui strategi group-to-group exchange (GTGE) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok segi empat di kelas VII SMP Walisongo Sembayat Manyar Gresik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Walisongo Sembayat Manyar Gresik yang terdiri dari tiga kelas VII-A, VII-B dan VII-C. Sedangkan sampel penelitiannya yaitu 30 peserta didik dari kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan 33 peserta didik dari kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode tes dengan instrumen berupa soal tes. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik komparatif. Dari hasil perhitungan uji t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai sig (0,0005) < α (0,05), sehingga H1 diterima. Artinya Strategi group-to-group exchange (GTGE) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok materi segi empat di kelas VII SMP Walisongo Sembayat Manyar Gresik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar peserta didik, Strategi group-to- group exchange (GTGE) |
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | maysatin may aliah |
Date Deposited: | 02 Dec 2020 00:34 |
Last Modified: | 02 Dec 2020 00:34 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4296 |
Actions (login required)
View Item |