MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN STRATEGI GROUP-TO-GROUP EXCHANGE (GTGE) PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP WALISONGO SEMBAYAT MANYAR GRESIK

DAHLIA, NUR (2009) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN STRATEGI GROUP-TO-GROUP EXCHANGE (GTGE) PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP WALISONGO SEMBAYAT MANYAR GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu pendidikan berkaitan dengan masalah untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran di sekolah. Proses pambelajaran akan efektif apabila peserta didik berpartisipasi di dalamnya dan peserta didik melakukan sebagian besar kegiatan pembelajaran. Salah satu cara membuat peserta didik belajar aktif adalah dengan membuat mereka bertanya dan berani mengemukakan pendapatnya. Strategi group-to-group exchange (GTGE) merupakan pembelajaran kelompok yang melatih peserta didik untuk bekerja sama dalam kelompok dan melatih peserta didik belajar sambil beraktivitas, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah komparatif yang bertujuan unuk mengetahui strategi group-to-group exchange (GTGE) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok segi empat di kelas VII SMP Walisongo Sembayat Manyar Gresik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Walisongo Sembayat Manyar Gresik yang terdiri dari tiga kelas VII-A, VII-B dan VII-C. Sedangkan sampel penelitiannya yaitu 30 peserta didik dari kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan 33 peserta didik dari kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode tes dengan instrumen berupa soal tes. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik komparatif. Dari hasil perhitungan uji t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai sig (0,0005) < α (0,05), sehingga H1 diterima. Artinya Strategi group-to-group exchange (GTGE) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok materi segi empat di kelas VII SMP Walisongo Sembayat Manyar Gresik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar peserta didik, Strategi group-to- group exchange (GTGE)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 02 Dec 2020 00:34
Last Modified: 02 Dec 2020 00:34
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4296

Actions (login required)

View Item View Item