PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINGERMATHIC PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS 2 SD NEGERI CERME LOR

Mustafit, Nur Hidayatul (2012) PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINGERMATHIC PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS 2 SD NEGERI CERME LOR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (647kB)

Abstract

Dari hasil wawancara beberapa para peserta didik kelas 2 SD NEGERI CERME LOR menganggap bahwa dalam pembelajaran matematika disekolah peserta didik merasa kurang menyenangkan dan mengalami kesulitan dalam proses berhitung karena ketika ada penjumlahan satuan yang hasilnya lebih dari 10 biasanya salah atau lupa meletakkan angka yang disimpan dan ketika ada pengurangan dengan cara meminjam, peserta didik biasanya mengalami kesulitan. Oleh karena itu, peneliti ingin memberikan salah satu cara alternatif untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut yaitu pembelajaran metode fingermathic. Metode ini sangat mudah diterima anak. Mempelajarinya pun sangat mengasyikkan sehingga anak tidak merasa bosan, karena fingermathic tidak membebani memori otak dan “alat” nya selalu tersedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik selama pembelajaran, dan respon belajar peserta didik setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode fingermathic pada materi penjumlahan dan pengurangan dikelas 2 SD NEGERI CERME LOR. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 2 SD NEGERI CERME LOR tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 25 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan angket respon peserta didik. hasil dari penelitian pembelajaran dengan menggunakan metode fingermathic pada materi penjumlahan dan pengurangan bahwa aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik, aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran dikatakan sangat baik, ketuntasan belajar peserta didik selama mengikuti pembelajaran telah tuntas dan respon peserta didik terhadap pembelajaran dikatakan positif. Karena dari tiga indikator tersebut kesemuanya tercapai, maka pembelajaran dengan menggunakan metode fingermathic pada materi penjumlahan dan pengurangan dinyatakan sangat baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Dengan Menggunakan Metode Fingermathic
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2020 04:17
Last Modified: 15 Dec 2020 04:17
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4572

Actions (login required)

View Item View Item