EFEKTIVITAS METODE FONIK TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KETERLAMBATAN BICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAM TERPADU AL UMMAH GRESIK

Putri, Soffya (2021) EFEKTIVITAS METODE FONIK TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KETERLAMBATAN BICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAM TERPADU AL UMMAH GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 1-4.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas metode fonik terhadap penurunan tingkat keterlambatan bicara anak usia 4-5 tahun di TK Islam Terpadu Al Ummah Gresik. Metode Fonik adalah model pembelajaran bahasa Indonesia yang ditujukan mulai dari anak usia dini. Dikembangkan dengan mengoptimalkan seluruh keterampilan berbahasa, menyimak, berbicara, menulis dan membaca. Keterlambatan bicara (Speech delay) terjadi apabila tingkat perkembangan bicara anak di bawah tingkat kualitas perkembangan bicara anak normal pada umumnya yang sesuai dengan usianya. Penelitan ini menggunakan jenis penelitian action research kuantitatif deskriptif one group pre-test and post-test design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Jumlah populasi 10 anak dan sampel sejumlah 6 anak kategori speech delay berat dan 4 anak kategori speech delay ringan. Teknik analisis data menggunakan analisis uji Mann-Whitney. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian treatment metode fonik terhadap penurunan tingkat keterlambatan bicara pada kelompok speech delay berat. Sedangkan pada kelompok speech delay ringan menyatakan bahwa tidak ada pengaruh pemberian treatment metode fonik terhadap penurunan tingkat keterlambatan bicara. Selanjutnya pada perhitungan gain score menunjukkan tidak ada perbedaan efektivitas pemberian treatment metode fonik terhadap penurunan tingkat keterlambatan bicara baik dalam kategori speech delay berat dan kategori speech delay ringan. Penelitian ini menyarankan bagi peneliti selanjutnya dalam pemberian treatment dilakukan oleh expert atau orang yang sudah ahli dalam bidangnya, dan disarankan untuk memilih jenis penelitian lainnya, misalnya penelitian eksperimen, sehingga hasilnya lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode fonik, keterlambatan bicara, anak usia 4-5 tahun
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Soffya Putri
Date Deposited: 19 Jan 2021 14:46
Last Modified: 19 Jan 2021 14:46
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4624

Actions (login required)

View Item View Item