Ramanti, Lisa Novia (2021) PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC DISC PENGGOLONGAN HEWAN DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas MuhammadiyaH Gresik.
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (884kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (26MB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang dilakukan peneliti bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Magic Disc di sekolah dasar untuk mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Magic Disc penggolongan hewan di Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian 4-D, tapi penelitian ini hanya melakukan 3 tahap, yakni pendefinisian (define), perencanaan ( design), pengembangan (develop). Tahap develop, peneliti melakukan validasi, revisi, dan uji coba terbatas, sehingga teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah dengan melakukan validasi media, validasi materi, dan tes hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini adalah 4 peserta didik, 1 validator ahli media yaitu Dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik dan 1 validator ahli materi yaitu guru kelas SD Negeri 2 Ketapangtelu. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa pengembangan media Magic Disc penggolongan hewan memenuhi indikator kelayakan, yaitu: a) hasil validasi dari validator ahli media memperoleh pesrentase 90% dan termasuk kriteria sangat valid, b) hasil validasi dari validator ahli materi memperoleh persentase 93,75% dan termasuk kriteria sangat valid, dan c) hasil dari tes belajarar peserta didik yaitu memperoleh persentase peserta didik 1 yaitu 95% dan memenuhi syarat ketuntasan hasil belajar, dari pesera didik 2 menunjukkan 100% dan memenuhi syarat ketuntasan hasil belajar, dari peserta didik 3 yaitu menunjukkan 75% dan memenuhi syarat ketuntasan hasil belajar, dan dari peserta didik 4 yaitu menunjukkan 95% dan memenuhi syarat ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan uraian tersebut, maka media pembelajaran dan materi yang ada dalam media yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model 4-D, media pembelajaran, Magic Disc penggolongan hewan |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Lisa Novia Ramanti |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 03:21 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 03:21 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4654 |
Actions (login required)
View Item |