PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MEDIA PUZZLE BALOK MATERI GEOMETRI PADA ANAK TUNAGRAHITTA RINGAN

Awwalia, Rizqi (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MEDIA PUZZLE BALOK MATERI GEOMETRI PADA ANAK TUNAGRAHITTA RINGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2020_TA_MTK_16421015_Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (325kB)
[img] Text
2020_TA_MTK_16421015_Halaman Pengesahan.pdf

Download (135kB)
[img] Text
2020_TA_MTK_16421015_Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

Download (194kB)
[img] Text
2020_TA_MTK_16421015_Halaman Judul.pdf

Download (233kB)
[img] Text
2020_TA_MTK_16421015_Bab 1.pdf

Download (200kB)
[img] Text
2020_TA_MTK_16421015_Bab 2.pdf

Download (199kB)
[img] Text
2020_TA_MTK_16421015_Bab 3.pdf

Download (231kB)
[img] Text
2020_TA_MTK_16421015_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
2020_TA_MTK_16421015_Bab 5.pdf

Download (124kB)
[img] Text
2020_TA_MTK_16421015_Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB)
[img] Text
2020_TA_MTK_16421015_Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tetang penerapan media puzzle balok terhadap anak tunagrahitta ringan dalam memahami materi geometri khususnya materi mengenal bangun ruang sederhana dan mendeskripsikan tes hasil belajar peserta didik anak tunagrahitta ringan setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media puzzle balok. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 anak peserta didik anak tunagrahitta ringan di Pusat Kajian Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus (PKPABK) Universitas Muhammadiyah Gresik. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Dan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini, Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan lembar tes hasil belajar. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah : (1) Lembar observasitentang penggunaan media puzzle balok materi geometri bangun ruang sederhana pada anak tunagrahitta ringan, sebagai berikut : a) HSB mampu menggunakan media puzzle balok dengan baik, hanya saja HSB terkadang masih kurang teliti dalam menyebutkan jumlah masing-masing pada unsur-unsur bangun ruang sederhana. b) MFDK mampu menggunakan media puzzle balok, hanya saja MFDK masih sering kurang teliti dalam menyebutkan nama-nama bangun ruang sederhana. c) AA mampu menggunkan media puzzle balok, hanya saja AA sering tergesah-gesah dalam menghitung unsur-unsur dari bangun ruang sederhana tersebut. d) UM mampu menggunakan media puzzle balok tanpa ada kendala atau kesulitan. e) MYZ mampu menggunakan media puzzle balok, hanya saja MYZ kurang mampu menulis nama bangun ruang sederhana dengan baik dan benar. (2) Ketuntasan belajar dapat tercapai karena lebih dari 50% yaitu 85%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan media puzzle balok materi geometri pada anak tunagrahitta ringan
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Rizqi Awwalia
Date Deposited: 12 Mar 2021 03:50
Last Modified: 12 Mar 2021 03:50
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4811

Actions (login required)

View Item View Item