PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA ELEKTROMAGNETIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

RAZANAH, AMALIA YUSRINA (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA ELEKTROMAGNETIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (432kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (196kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf

Download (84kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan media elektromagnetik pada peserta didik kelas IVB SDN Singosari. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Singosari Jln. Ir. Ibrahim Zahier II/46 A Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVB SDN Singsari dengan jumlah 40 peserta didik. Metode pengumpulan data adalah adalah observasi, tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik, lembar tes hasil belajar, dan lembar respon angket peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan setiap siklusnya. Hasil belajar peserta didik diukur dengan tes tulis yang diberikan pada akhir setiap siklus. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media elektromagnetik sudah mencapai keberhasilan dengan kriteria baik. Aktivitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media elektromagnetik sudah mencapai keberhasilan dengan kriteria baik. Hasil belajar peserta didik secara klasikal sudah tuntas belajar mencapai 80%. Dan respon peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media elektromagnetik mencapai keberhasilan dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan bagi guru SD untuk mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dengan media elektromagnetik untuk meningkatkan hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 01 Nov 2018 00:27
Last Modified: 08 Mar 2019 01:19
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item