"KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK"

Yanti, Marisa Dwi (2021) "KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK". undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORSINALITAS.pdf

Download (248kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (350kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika peserta didik dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SMPN 31 Gresik pada kelas VIII-B sebanyak 32 peserta didik tahun pelajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Metode tes yang digunakan adalah tes kemampuan matematika dan tes kemampuan komunikasi matematika. Metode tes kemampuan matematika digunakan untuk mengelompokkan peserta didik berdasarkan kategori kemampuan matematika (tinggi,sedang, rendah). Metode tes kemampuan komunikasi matematika digunakan untuk mendapatkan data kemampuan komunikasi matematika dalam menyelesaikan masalah kontekstual peserta didik. Sedangkan, wawancara digunakan sebagai informasi tambahan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika peserta didik dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari kemampuan matematika. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika peserta didik berkemampuan matematika tinggi termasuk kriteria sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar (91,67%). Kemampuan komunikasi matematika peserta didik berkemampuan matematika sedang termasuk kriteria baik dengan rata-rata persentase sebesar (70,83%). Kemampuan komunikasi matematika pesertda didik berkemampuan matematika rendah termasuk kriteria cukup baik dengan rata-rata persentase sebesar (43,37%).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematika, Kemampuan Matematika
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Marisa Dwi Yanti
Date Deposited: 24 Aug 2021 07:55
Last Modified: 24 Aug 2021 07:55
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5160

Actions (login required)

View Item View Item