PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP DISIPIN SISWA DI MADRASAH ALIYAH YASMU MANYAR GRESIK

Sahlan, Mohammad (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP DISIPIN SISWA DI MADRASAH ALIYAH YASMU MANYAR GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
1. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf

Download (401kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (412kB)
[img] Text
3. HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (432kB)
[img] Text
4. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (536kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Aliyah Yasmu Manyar dilaksanakan secara online atau daring semenjak adanya pandemi covid-19 dengan pemanfaatkan media tekonologi informasi, berdasarkan surat edaran kementrian pendidikan dan kebudayaan no. 4 tahun 2020, Pada pelaksanakan pembelajaran online atau daring siswa cenderung kurang aktif, Adapun faktor yang mengakibatkan keaktifan belajar siswa menurun pada pembelajaran online/daring yang mengakibatkan kedisiplinan siswa menurun antara lain: 1) kurangnya pengawasan (kontrol) secara langsung oleh guru terhadap siswa. 2) belum adanya kesadaran dari siswa terkait pentingnya untuk mengikuti pembelajaran online/daring. 3) belum adanya kesadaran dari orang tua untuk mendorong siswa agar lebih aktif untuk mengikuti pembelajaran online/daring. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana implementasi media pembelajaran e-learning di Madrasah Aliyah Yasmu pada siswa? 2) Bagaimana pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap disiplin siswa di Madrasah Aliyah Yasmu?. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Teknik analisis datanya di peroleh melalui teknik analisis korelasi product moment, yang diolah dengan aplikasi perhitungan SPSS. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap disipin siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 135 Siswa. Jumlah sampel yang digunakan adalah random sampling yaitu 57 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran e-learning mempunyai pengaruh positif terhadap disiplin siswa yaitu 15,6% dan sisanya sebesar 84,4% adalah tidak berpengaruh terhadap disiplin siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran e-learning, disiplin siswa
Subjects: Islamic Education
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Mohammad Sahlan
Date Deposited: 16 Sep 2021 06:37
Last Modified: 16 Sep 2021 06:37
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5213

Actions (login required)

View Item View Item