PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK MATEMATIKA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 10 BUNGAH

Muzakkie, Naufal (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK MATEMATIKA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 10 BUNGAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (530kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf

Download (266kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (716kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (384kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam Pendidikan formal, peran vital tentu saja dipegang oleh pendidik untuk menjadikan peserta didik yang memiliki semangat tinggi dalam mencari pengetahuan baru. Tidak jarang pendidik menemui masalah dalam pembelajaran, misalnya yang peneliti alami di Kelas VIII. Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 10 Bungah ini memang banyak mendapat keluhan dari para pendidik, yang paling utama tentu saja hasil belajar mereka yang kurang memuaskan khususnya dalam penelitian ini adalah pada pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya yakni kurangnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Tindakan dalam penelitian ini berupa penerapan metode quantum teaching dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika peserta didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Bungah. Data keaktifan siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Pada siklus I presentase keaktifan kelas dalam pembelajaran sebesar 73% dan pada siklus II diperoleh presentase keaktifan kelas dalam pembelajaran sebesar 78%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Quantum Learning
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Naufal Muzakkie
Date Deposited: 07 Oct 2021 13:12
Last Modified: 07 Oct 2021 13:12
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5287

Actions (login required)

View Item View Item