PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA "X" DI GRESIK

Rizkiyah, Yuliani (2019) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA "X" DI GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 1.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 2.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 3.pdf

Download (862kB) | Preview
[img] Text
8. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img]
Preview
Text
9. BAB 5.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh dukungan sosial dengan prestasi belajar siswa kelas X SMA “X” di Gresik. Prestasi belajar adalah evaluasi pendidikan yang dicapai oleh siswa setelah mengalami proses pendidikan secara formal dalam jangka waktu tertentu dan hasil tersebut berwujud angka. Hasil prestasi belajar dapat dinyatakan dalam bentuk nilai rapor, NEM, nilai STTB, indeks prestasi, dll (Suryabrata dalam Anjariah, 2006). Sedangkan dukungan sosial merupakan suatu sikap atau tindakan yang diberikan seseorang dalam memberikan bantuan kepada orang lain yang bersifat mendukung, sehingga individu merasa diperhatikan, dicintai dan dihargai. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jumlah populasi yang terdiri dari 142 siswa. Dalam hal ini peneliti menggunakan teknik sampling Proportionate Stratified Random Sampling dengan perhitungan menggunakan rumus slovin sehingga berjumlah 105. Teknik analisis data menggunakan korelasi spearman rho dengan taraf signifikan 5%. Hasil korelasi diperoleh nilai r hitung = 0,218 lebih besar dari r tabel= 0,1614 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil koefisien (r2) dari dari r = 0,218 = 0,047 yang menunjukkan bahwa sumbangan variabel antara dukungan sosial dengan prestasi belajar siswa sebesar 4,7%, sedangkan sisanya 95,3% oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dukungan sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA “X” di Gresik. Kata Kunci : Dukungan sosial, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial, Prestasi Belajar
Subjects: Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Mrs. Yuliani Rizkiyah
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:23
Last Modified: 10 Mar 2022 04:14
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5655

Actions (login required)

View Item View Item