Persepsi Berpikir Positif Menurut Dr. Ibrahim Elfiky dan Relevansinya dengan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

'Aini, Tazkiyatul (2020) Persepsi Berpikir Positif Menurut Dr. Ibrahim Elfiky dan Relevansinya dengan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian.pdf

Download (470kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (433kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Tugas Akhir.pdf

Download (320kB)
[img] Text
Halaman Judul (Cover).pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (826kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (553kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (860kB)

Abstract

Tujuan Pendidikan Agama Islam ialah membentuk insan kamil atau karater yang mulia. Namun tujuan ini belum terwujud, karena semakin rusaknya moral bangsa. Hal ini dapat dilihat dari berbagai tindakan amoral dan meningkatnya kasus criminal yang dilakukan oleh para pelajar. Sehingga perlu adanya upaya subtancial dalam pembentukan karakter. Berpikir positif merupakan suatu pemikiran yang membawa langkah individu atau seseorang menuju kesuksesan dalam hidupnya. Karena pada hakikatnya segala sesuatu yang dilakukan dengan pikiran positif, akan menghasilkan perbuatan dan hasil yang positif juga. Sehingga dapat disimpulkan bahwa berpikir positif merupakan suatu hal yang subtancial dalam pembentukan karakter positif atau akhlak yang mulia pada diri seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi berpikir positif menurut Dr. Ibrahim Elfiky serta mengetahui relevansinya degnan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka atau library research. Pengumpulan data yang dilakukan berupa dokumentasi, yakni dengan mengumpulkan data dari beberapa sumber literature yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Analisis datanya menggunakan metode analisis isi serta metode interpretasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi berpikir positif menurut Dr. Ibrahim Elfiky dalam bukunya yang berjudul Terapi Berpikir Positif ini ialah sebuah persepsi yang bertujuan untuk mengembangkan karakter positif. Selanjutnya terdapat relevansi antara persepsi berpikir positif menurut Dr. Ibrahim Elfiky dengan model pembelajaran Penddidikan Agama Islam. Relevansinya terdapat pada karakteristik mata pelajaran Penddikan Agama Islam, pendekatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan ketiga tahapan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yakni moral knowing, moral loving, dan moral doing.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Positif, Model Pembelajaran PAI
Subjects: Islamic Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Tazkiyatul 'Aini
Date Deposited: 30 May 2022 10:04
Last Modified: 12 Jul 2022 02:34
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5757

Actions (login required)

View Item View Item