MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS 2 SDN LERAN GRESIK

Surya, Dina Rachmawati (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS 2 SDN LERAN GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Pernyataan Keaslian Tulisan PDF.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan PDF.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan Persetujuan Publikasi PDF.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I A4.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II A4.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III A4.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kemampuan bercerita melalui metode demonstrasi peserta didik kelas 2 SDN Leran. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Demonstrasi. Metode pembelajaran Demonstrasi merupakan metode pembelajaran yang mempertunjukkan suatu proses terjadinya suatu peristiwa atau benda sampai pada penampilan tingkah laku yang dicontohkan agar dapat diketahui dan dipahami oleh peserta didik secara nyata atau tiruan. Sehingga dengan menggunakan metode Demonstrasi dapat meningkatkan peserta didik dalam bercerita. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada dua siklus. Pada tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Leran Gresik Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik dengan subjek sebanyak 26 peserta didik pada kelas II. Hasil penelitian yang diperoleh pada tindakan siklus I menunjukkan bahwa hasil kemampuan bercerita peserta didik masih dibawah KKM dengan nilai presentase peserta didik sebanyak 61,%. Sedangkan pada tindakan siklus II dalam penerapan metode pembelajaran Demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik dengan nilai presentase sebanyak 73,7%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Kemampuan Bercerita.
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Dina Rachmawati Surya
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:30
Last Modified: 11 Jan 2023 02:30
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6985

Actions (login required)

View Item View Item