SAFIYAH, SYARIFATUS (2018) DESKRIPSI PENGAJARAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN REACT BERBANTUAN CABRI 3D PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII B DI SMP NEGERI 1 BUNGAH. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.
|
Text
3. BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (933kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (348kB) | Preview |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
7. BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu indikator yang sering digunakan untuk mengetahui kualitas sumber daya manusia dari suatu bangsa. Mutu pendidikan dituntut harus lebih baik agar suatu pembelajaran dapat berkualitas. Kajian pembelajaran dapat berkualitas, seorang guru memegang peranan yang menentukan. Peran guru akan memberikan dampak bagi peserta didik dalam pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang diharapkan mampu sebagai alternatif untuk mengelola kegiatan pembelajaran adalah strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT). Upaya untuk memudahkan peserta didik belajar menggunakan strategi pembelajaran REACT dapat dibantu dengan media pembelajaran berupa software (aplikasi) seperti Cabri 3D. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengajaran menggunakan strategi pembelajaran REACT berbantuan Cabri 3D pada materi bangun ruang kelas VIII B di SMP Negeri 1 Bungah. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2017 menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru bidang studi untuk proses pembelajaran strategi REACT berbantuan Cabri 3D pada materi bangun ruang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan instrumen penelitian lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola strategi pembelajaran REACT berbantuan Cabri 3D. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, rata-rata nilai kemampuan guru dalam mengelola strategi pembelajaran REACT berbantuan Cabri 3D yaitu 75,9 berada pada skala 66≤ skor ≥80 yang menunjukkan kriteria baik, dikarenakan indikator mutu pengajaran mencapai kriteria sangat baik, indikator tingkat pengajaran yang tepat mencapai kriteria kurang, indikator insentif mencapai kriteria baik dan indikator waktu mencapai kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 21 Nov 2018 04:53 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 01:44 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/755 |
Actions (login required)
View Item |