PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SWISH MAX DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI TRANSFORMASI KELAS VII SMP

INDRAWATI, WIWIK (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SWISH MAX DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI TRANSFORMASI KELAS VII SMP. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Transformasi merupakan salah satu materi yang baru diajarkan di kelas VII SMP pada Kurikulum 2013. Materi ini bersifat abstrak, sehingga dapat memunculkan kesulitan bagi peserta didik dalam mempelajarinya. Untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi tersebut, diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat mengaitkan konsep yang bersifat abstrak dengan kehidupan nyata. Sebuah pendekatan yang dapat mengaitkan hal tersebut adalah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran dengan pendekatan RME yaitu menggunakan software SWiSH Max. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan dan kualitas media pembelajaran SWiSH Max dengan pendekatan RME. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D oleh Thiagarajan. Tiga tahap yang dilakukan dalam penelitian ini adalah define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi media pembelajaran, observasi aktivitas peserta didik, angket respon dan tes hasil belajar. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran yang telah divalidasi ahli materi dan ahli media dengan kategori sangat valid. Respon peserta didik terhadap media adalah baik, aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran adalah sangat aktif dan ketuntasan belajar klasikal terpenuhi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan suatu media, yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 21 Nov 2018 04:53
Last Modified: 08 Mar 2019 01:37
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/760

Actions (login required)

View Item View Item