Fungsi Smartohone sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Baihaqi, M. Alfin (2023) Fungsi Smartohone sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
2023_TA_PAI_190501025_Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2023_TA_PAI_190501025_Lembar Pengesahan (2).pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2023_TA_PAI_190501025_Lembar Publikasi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2023_TA_PAI_190501025_Halaman Judul.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2023_TA_PAI_190501025_BAB 1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2023_TA_PAI_190501025_BAB 2.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2023_TA_PAI_190501025_BAB 3.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text
2023_TA_PAI_190501025_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
2023_TA_PAI_190501025_BAB 5.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2023_TA_PAI_190501025_Daftar Pustaka.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2023_TA_PAI_190501025_Lampiran.pdf

Download (969kB) | Preview

Abstract

Teknologi dalam era globalisasi yang serba modern dan canggih ini merupakan sebuah jembatan agar dunia pendidikan memanfaatkan teknologi untuk menunjang kemajuan sebuah pendidikan, apalagi smartphone yang hampir semua kalangan memiliki dan penggunaannya cukup praktis sehingga perlu dibahas lebih dalam lagi, fitur dan aplikasi yang sangat menarik dapat mengurangi rasa jenuh dan bosan ketika proses pembelajaran. Kurang bijak jika sekolah mengambil keputusan dan peraturan untuk melarang siswanya membawa smartphone kesekolah, sementara sekolah senantiasa dituntut mengikuti perkembangan teknologi dan informasi. Maka dari itu perlu adanya penggunaan fungsi smartphone dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi smartphone sebagai sumber belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah 3 Ujungpangkah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi secara komprehensif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa MTs Muhammadiyah 3 Ujungpangkah menerapkan penggunaan fungsi smartphone dengan baik, dengan adanya smartphone ini membuat guru lebih inovatif dan kreatif mulai dari mempermudah proses pembelajaran, mempermudah mencari referensi sumber belajar Sejarah Kebudayaan Islam serta adanya media baru dalam pembelajaran, sedangkan bagi siswa mencari sumber belajar serta mengurangi kejenuhan dan kemalasan siswa dalam memahami materi Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: smartphone, pembelajaran, sejarah kebudayaan Islam
Subjects: Islamic Education
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: M. Alfin Baihaqi
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:19
Last Modified: 26 Jul 2023 03:19
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8143

Actions (login required)

View Item View Item