MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE KELAS III A SDN 1 RANDU AGUNG

EFENDI, JULIA (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE KELAS III A SDN 1 RANDU AGUNG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BISMILLAH CD ABSTRAK 2.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (26kB)
[img] Text
BISMILLAH CD DAPUS.pdf

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya respon, antusias, dan ketertarikan peserta didik pada saat proses pembelajaran ilmu pengetahuan alam karena pembelajaran belum berpusat kepada peserta didik yang menyebabkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam rendah. Sehingga peneliti menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model picture and picture pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran ilmu pengetahuan alam materi lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat peserta didik kelas III A SDN 1 Randuagung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Arikunto yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III A SDN 1 Randuagung yang berjumlah 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan untuk mengambil data awal kondisi peserta didik yang dilakukan saat pengamatan langsung dikelas dan tes untuk mengetahui nilai hasil belajar ilmu pengetahuan alam peserta didik pada materi lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam menggunakan model picture and picture kelas III A SDN 1 Randuagung. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik pada data nilai awal (pritest) sebesar 52,38% yang mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 80,95%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 01 Apr 2019 01:43
Last Modified: 01 Apr 2019 01:43
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item