Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Kemampuan Matematika di Kelas VII G SMP Negeri 2 Cerme

Afidah, Musfirotul (2019) Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Kemampuan Matematika di Kelas VII G SMP Negeri 2 Cerme. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
cover dan abstrak.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I (1-5).pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II (6-14).pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB III(15-22).pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB IV(23-46).pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text
BAB V (47-48).pdf

Download (189kB)
[img] Text
daftar pustaka (49-51).pdf

Download (578kB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan peserta didik dalam menyatakan ide-ide matematika dalam bentuk tulisan maupun lisan serta menghubungkanya dalam bentuk simbol, grafik, gambar, dan diagram. Setiap peserta didik memiliki kemampuan rendah. Salah satu faktor penyebab Rendahnya kemampuan siswa dikarenakan oleh beberapa faktor, baik dari dalam maupun dari luar. Hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan matematis siswa dalam mengungkapkan ide atau pendapatnya kepada temannya yang lain masih tidak percaya diri. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa juga didukung karena peserta didik kurang memahami akan konsep dasar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VII SMP Negeri 2 Cerme sebanyak 32 peserta didik tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalah metode tes. Metode tes digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik ditinjau dari kemampuan matematika. Berdasarkan hasil tes analisis data, maka diperoleh kesimpulan bahwa 5 peserta didik berkemampuan matematika tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 89,44% dari semua indikator kemampuan komunikasi matematis. 11 Peserta didik berkemampuan matematika sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis baik dengan rata-rata persentase sebesar 72,47% dari semua indikator kemampuan komunikasi matematis. 16 Peserta didik berkemampuan matematika rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis baik dengan rata-rata persentase sebesar 61,80% dari semua indikator kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 05 Apr 2019 01:40
Last Modified: 05 Apr 2019 01:40
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/931

Actions (login required)

View Item View Item