ANJANI, RISMA DEWI (2019) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTU MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DI KELAS XI MULTIMEDIA SMK HIDAYATUL UMMAH BALONGPANGGANG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
11. ABSTRAK.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (331kB) | Preview |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
||
|
Text
7. BAB V.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik di kelas XI Multimedia SMK Hidayatul Ummah Balongpanggang. Penelitian ini dilakukan dikarenakan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantu media Puzzle untuk meningkatkan keaktifan peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR) dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI Multimedia SMK Hidayatul Ummah Balongpanggang tahun pelajaran 2018 – 2019 yang terdiri dari 15 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi keaktifan peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD Berbantu Media Puzzle dapat meningkatkan keaktifan peserta didik di kelas XI Multimedia SMK Hidayatul Ummah Balongpanggang. Berdasarkan hasil observasi keaktifan peserta didik menunjukkan adanya peningkatan keaktifan peserta didik di setiap siklusnya. Persentase keaktifan peserta didik pada siklus I mencapai 45,95 %, siklus II mencapai 49,22 % dan Siklus III sebesar 77,67%.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 22 Apr 2019 01:43 |
Last Modified: | 22 Apr 2019 01:43 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1040 |
Actions (login required)
View Item |