PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTU MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DI KELAS XI MULTIMEDIA SMK HIDAYATUL UMMAH BALONGPANGGANG

ANJANI, RISMA DEWI (2019) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTU MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DI KELAS XI MULTIMEDIA SMK HIDAYATUL UMMAH BALONGPANGGANG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
11. ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik di kelas XI Multimedia SMK Hidayatul Ummah Balongpanggang. Penelitian ini dilakukan dikarenakan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantu media Puzzle untuk meningkatkan keaktifan peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR) dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI Multimedia SMK Hidayatul Ummah Balongpanggang tahun pelajaran 2018 – 2019 yang terdiri dari 15 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi keaktifan peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD Berbantu Media Puzzle dapat meningkatkan keaktifan peserta didik di kelas XI Multimedia SMK Hidayatul Ummah Balongpanggang. Berdasarkan hasil observasi keaktifan peserta didik menunjukkan adanya peningkatan keaktifan peserta didik di setiap siklusnya. Persentase keaktifan peserta didik pada siklus I mencapai 45,95 %, siklus II mencapai 49,22 % dan Siklus III sebesar 77,67%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 22 Apr 2019 01:43
Last Modified: 22 Apr 2019 01:43
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item View Item