Strategi Pengembangan Usaha Kopi Bubuk Cap Bukit Asam di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan

Purwati, Dinda (2024) Strategi Pengembangan Usaha Kopi Bubuk Cap Bukit Asam di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS .pdf

Download (538kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (302kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf

Download (360kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kopi merupakan salah satu minuman yang populer di Indonesia. Minum kopi sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia, baik kalangan orang tua maupun anak muda. Kondisi itu mendorong munculnya banyak pelaku usaha produksi kopi bubuk. Salah satunya Kopi Bubuk Cap Bukit Asam yang berada di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa tren perkembangan produksi dan penjualan Kopi Bubuk Cap Bukit Asam selama 5 tahun terakhir, mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal perusahaan serta merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha. Penelitian ini dilakukan di tempat usaha Kopi Bubuk Cap Bukit Asam pada bulan Agustus-Oktober 2023. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap para pegawai Kopi Bubuk Cap Bukit Asam dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik penelitian menggunakan analisa tren untuk menganalisa perkembangan produksi dan penjualan, analisa SWOT untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal perusahaan serta merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha. Hasil penelitian menunjukkan, tren perkembangan produksi dan penjualan Kopi Bubuk Cap Bukit Asam selama 5 tahun terakhir cenderung mengalami kenaikan. Pengaruh faktor internal dan eksternal, untuk faktor kekuatan yang tertinggi yaitu, kopi ini memiliki banyak varian, kemasan yang menarik dan kemasan memiliki banyak bentuk dan variasi. Kemudian faktor kelemahan tertinggi adalah promosi belum optimal. Selanjutnya faktor peluang tertinggi adalah potensi komoditas kopi di Provinsi Sumatera Selatan yang tinggi. Sedangkan faktor ancaman tertinggi yaitu harga bahan baku yang tidak stabil. Strategi yang tepat untuk pengembangan usaha ini yaitu menggunakan strategi agresif dengan beberapa alternatif, yaitu memperluas serta memperkuat jaringan pasar, menerapkan strategi promosi, perbaikan dan peningkatan sistem pemasaran dan memperkuat promosi, mencari modal tambahan, melakukan penerapan standar mutu produk, memperkuat produk yang dihasilkan dengan legalitas usaha, memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mengatasi promosi, dan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan agar tercipta loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Strategi Pengembangan Usaha, Usaha Kopi
Subjects: Agriculture
Agriculture > Agrotechnology
Divisions: Faculty of Agriculture > Agrotechnology Study Program
Depositing User: Dinda Purwati
Date Deposited: 31 May 2024 02:28
Last Modified: 31 May 2024 02:28
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10593

Actions (login required)

View Item View Item