Purwati, Dinda (2024) Strategi Pengembangan Usaha Kopi Bubuk Cap Bukit Asam di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS .pdf Download (538kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (302kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (299kB) |
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf Download (360kB) |
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (301kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (465kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (569kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 6.pdf Download (293kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (419kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kopi merupakan salah satu minuman yang populer di Indonesia. Minum kopi sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia, baik kalangan orang tua maupun anak muda. Kondisi itu mendorong munculnya banyak pelaku usaha produksi kopi bubuk. Salah satunya Kopi Bubuk Cap Bukit Asam yang berada di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa tren perkembangan produksi dan penjualan Kopi Bubuk Cap Bukit Asam selama 5 tahun terakhir, mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal perusahaan serta merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha. Penelitian ini dilakukan di tempat usaha Kopi Bubuk Cap Bukit Asam pada bulan Agustus-Oktober 2023. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap para pegawai Kopi Bubuk Cap Bukit Asam dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik penelitian menggunakan analisa tren untuk menganalisa perkembangan produksi dan penjualan, analisa SWOT untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal perusahaan serta merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha. Hasil penelitian menunjukkan, tren perkembangan produksi dan penjualan Kopi Bubuk Cap Bukit Asam selama 5 tahun terakhir cenderung mengalami kenaikan. Pengaruh faktor internal dan eksternal, untuk faktor kekuatan yang tertinggi yaitu, kopi ini memiliki banyak varian, kemasan yang menarik dan kemasan memiliki banyak bentuk dan variasi. Kemudian faktor kelemahan tertinggi adalah promosi belum optimal. Selanjutnya faktor peluang tertinggi adalah potensi komoditas kopi di Provinsi Sumatera Selatan yang tinggi. Sedangkan faktor ancaman tertinggi yaitu harga bahan baku yang tidak stabil. Strategi yang tepat untuk pengembangan usaha ini yaitu menggunakan strategi agresif dengan beberapa alternatif, yaitu memperluas serta memperkuat jaringan pasar, menerapkan strategi promosi, perbaikan dan peningkatan sistem pemasaran dan memperkuat promosi, mencari modal tambahan, melakukan penerapan standar mutu produk, memperkuat produk yang dihasilkan dengan legalitas usaha, memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mengatasi promosi, dan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan agar tercipta loyalitas pelanggan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis SWOT, Strategi Pengembangan Usaha, Usaha Kopi |
Subjects: | Agriculture Agriculture > Agrotechnology Universitas Muhamadiyah gresik > Book > Agrotechnology Book > Agrotechnology Book > Agrotechnology |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Agrotechnology Study Program |
Depositing User: | Dinda Purwati |
Date Deposited: | 31 May 2024 02:28 |
Last Modified: | 31 May 2024 02:28 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10593 |
Actions (login required)
View Item |