Rahmawati, Dewi (2022) Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Angkatan 2019 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Gresik yang Bekerja. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf Download (288kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (302kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (434kB) |
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (323kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (462kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (512kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (462kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (794kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (295kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Mahasiswa yang bekerja cenderung memiliki kesibukan ganda yakni kuliah dan bekerja sehingga mereka tidak dapat mengatur aktivitas belajar dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran dari Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Angkatan 2019 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Gresik yang Bekerja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan tipe penelitian berupa pendekatan Studi kasus (Case Study). Terdapat lima mahasiswa dari teknik kimia yang menjadi subjek dalam penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan wawancara dan observasi. Proses pengambilan data dilakukan selama 3-4 kali dari masing-masing subjek yang diteliti dengan rata-rata durasi selama 1 jam dari tiap subjek. Hasil penelitian ini adalah bahwa mahasiswa yang bekerja masih mampu mengatur dan mengontrol aktivitas belajarnya dengan cara merencanakan pembelajaran sesuai dengan pemahaman mereka. Subjek juga melakukan evaluasi belajar terhadap aktivitas belajar mereka, sehingga mereka dapat lebih meningkatkan lagi pemahaman yang mereka miliki. Mahasiswa yang bekerja hanya termotivasi untuk bisa menyelesaikan tugas tepat waktu, meskipun dalam waktu pengerjaan yang relatif singkat sesuai pemahaman mereka. Mahasiswa yang bekerja juga akan menyeleksi lingkungan belajarnya dengan cara lebih memilih tempat yang tidak terlalu bising supaya mereka tetap bisa fokus dalam proses pembelajaran. Mereka mampu menempatkan diri dengan baik selama belajar jika tempatnya dirasa dapat membuat mereka nyaman dalam belajar. Dalam penelitian ini diketahui bahwa mahasiswa laki-laki memiliki self regulated learning yang lebih tinggi daripada mahasiswa perempuan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Regulated Learning, Mahasiswa yang Bekerja |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Dewi Rahmawati |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 08:00 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 08:00 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10648 |
Actions (login required)
View Item |