Pengaruh Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Dakon Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas III SD

Farodisa, Salwa (2024) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Dakon Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas III SD. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALMAN PERYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (694kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 September 2029.

Download (742kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media dakon terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas III dan kendala dalam penerapannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III UPT SDN 17 Gresik yang berjumlah 49 peserta didik, dengan sampel berjumlah 28 peserta didik dari kelas III A dan 21 peserta didik dari kelas III B. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan tes. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara model STAD berbantuan media dakon terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika kelas III SD. Namun dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa kendala yang dialami peneliti, yaitu, penerapan model STAD membutuhkan waktu yang lebih lama daripada menggunakan model pembelajaran konvensional dan beberapa peserta didik masih bingung dalam penggunaan media dakon, dikarenakan hal ini menjadi hal baru untuk peserta didik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep;Matematika;Media Dakon;Model STAD
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Salwa Farodisa
Date Deposited: 23 Feb 2024 17:53
Last Modified: 23 Feb 2024 17:53
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10753

Actions (login required)

View Item View Item