Penggunaan Media Lidimatika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Perkalian Kelas 3 Upt SDN 98 Gresik

Susanti, Pratiwi Lia Ayu (2024) Penggunaan Media Lidimatika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Perkalian Kelas 3 Upt SDN 98 Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan Media Lidimatika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Perkalian Siswa Kelas 3 UPT SDN 98 Gresik dibimbing oleh Ibu Arissona Dia Indah Sari, M.Pd dan Bapak Arya Setya Nugraha, M.Pd. Latar belakang dari permasalahan PTK ini adalah Siswa belum bisa menguasai konsep materi perkalian. Sehingga perlu adanya media pembelajaran sebagai sumber belajar siswa yang mampu membantu proses pemahaman siswa terkait perkalian bilangan dalam matematika dengan bantuan media pemelajaran lidimatika. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan berhitung perkalian di kelas 3 UPT SDN 98 Gresik. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang dalam 2 siklus dengan 4 tahapan. Empat tahapan siklus penelitian tindakan adalah sebagai berikut: 1) merencanakan, 2) melaksanakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, diketahui bahwa rata-rata nilai ketuntasan data awal dari 20 siswa sebesar 52,75%, sebelum penerapan media pembelajaran lidimatika. Nilai rata-rata siklus I sebesar 66, atau 8 siswa dengan presentase 40% yang tuntas atau di atas KKM dan 12 siswa dengan presentase 60% yang belum tuntas atau di bawah KKM karena telah melampaui kriteria yang telah ditentukan 75 dan dilanjutkan pada siklus II. Kesimpulannya, media pembelajaran lidimatika dapat meningkatkan keterampilan berhitung perkalian.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lidimatics learning media, numeracy skills
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Pratiwi Lia Ayu Susanti
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:02
Last Modified: 16 Aug 2024 02:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10811

Actions (login required)

View Item View Item