Susanti, Pratiwi Lia Ayu (2024) Penggunaan Media Lidimatika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Perkalian Kelas 3 Upt SDN 98 Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman judul.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (737kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (615kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan Media Lidimatika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Perkalian Siswa Kelas 3 UPT SDN 98 Gresik dibimbing oleh Ibu Arissona Dia Indah Sari, M.Pd dan Bapak Arya Setya Nugraha, M.Pd. Latar belakang dari permasalahan PTK ini adalah Siswa belum bisa menguasai konsep materi perkalian. Sehingga perlu adanya media pembelajaran sebagai sumber belajar siswa yang mampu membantu proses pemahaman siswa terkait perkalian bilangan dalam matematika dengan bantuan media pemelajaran lidimatika. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan berhitung perkalian di kelas 3 UPT SDN 98 Gresik. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang dalam 2 siklus dengan 4 tahapan. Empat tahapan siklus penelitian tindakan adalah sebagai berikut: 1) merencanakan, 2) melaksanakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, diketahui bahwa rata-rata nilai ketuntasan data awal dari 20 siswa sebesar 52,75%, sebelum penerapan media pembelajaran lidimatika. Nilai rata-rata siklus I sebesar 66, atau 8 siswa dengan presentase 40% yang tuntas atau di atas KKM dan 12 siswa dengan presentase 60% yang belum tuntas atau di bawah KKM karena telah melampaui kriteria yang telah ditentukan 75 dan dilanjutkan pada siklus II. Kesimpulannya, media pembelajaran lidimatika dapat meningkatkan keterampilan berhitung perkalian.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lidimatics learning media, numeracy skills |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Pratiwi Lia Ayu Susanti |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 02:02 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 02:02 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10811 |
Actions (login required)
View Item |