Kurnia, Elma (2024) Upaya Guru Dalam Menigkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Melalui Gerakan Literasi Sekolah. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
2024_TA_PGSD_200404022_Halaman Orisinalitas.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PGSD_200404022_Pengesahan Ujian Skripsi.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PGSD_200404022_Lembar Persetujuan Ujian Skripsi.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PGSD_200404022_Persetujuan Publikasi Skripsi.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PGSD_200404022_Halaman Judul.pdf Download (740kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PGSD_200404022_BAB I.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PGSD_200404022_BAB II.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PGSD_200404022_BAB III.pdf Download (307kB) | Preview |
|
Text
2024_TA_PGSD_200404022_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
||
|
Text
2024_TA_PGSD_200404022_BAB V.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PGSD_200404022_Daftar Pustaka.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PGSD_200404022_Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan literasi berhubungan langsung dengan sains, digital, membaca dan menulis, berhitung, dan lain sebagainya. Kenyataaanya, membaca bukanlah sesuatu yang diminati banyak anak Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana guru memanfaatkan GLS agar siswa lebih berminta membaca dan mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat. Dengan pemahaman ini, dapat diambil langkah-langkah perbaikan untuk meningkatkan efektivitas GLS dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunkan adalah kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru kelas IV di UPT SD Negeri 272 Gresik. Data primer diperoleh melalu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa memiliki inisiatif dalam menggalakkan membaca melalui kampanye literasi sekolah. Mereka berperan sebagai pemgarah, motivator, inisiatif, pemberi inspirasi, fasilitator, mediator, dan pemilai. Faktor pendukung mencakup unsur akademik, lingkungan yang mendukung, prasarana, dan bahan ajar yang memadai. Namun, terdapat kendala seperti perbedaan kepribadian siswa, lingkungan yang tidak mendukung, keterbatasan infrastruktur, dan kelangkaan buku menarik. Dalam mengatasi kendala, guru perlu meningkatkan kreativitas dan kolaborasi dengan pihak sekolah dan masyarakat. Perlu juga peningkatan fasilitas dan peran aktif orang tua dalam membantu membentuk lingkungan yang mendukung minat membaca siswa.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca, UPT SD Negeri 272 Gresik. |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Elma Kurnia |
Date Deposited: | 12 Apr 2024 19:07 |
Last Modified: | 12 Apr 2024 19:07 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12083 |
Actions (login required)
View Item |