Peningkatan Pemahaman Operasi Hitung Bilangan 1-20 Pada Siswa Kelas 1 Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Media Number Match Di SDN Babat Jerawat 1 Surabaya

Sari, Anita Puspita (2025) Peningkatan Pemahaman Operasi Hitung Bilangan 1-20 Pada Siswa Kelas 1 Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Media Number Match Di SDN Babat Jerawat 1 Surabaya. undergraduate thesis, Universitas uhammdiya Gresik.

[img]
Preview
Text
pernyataan tulisan.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar persetujuan skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan_publikasi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman judul.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 January 2030.

Download (751kB)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang bisa berpihak kepada seluruh peserta didik dalam memahami materi pembelajaan. Kurangnya pemahaman operasi hitung penjumlahan pada siswa kelas 1 di SDN Babat Jerawat 1 menjadi latar belakang penulis membuat penelitian tindak kelas . Hasil observasi awal menunjukkan hampir 40% siswa yang masih kesulitan dalam menyebutkan menuliskan dan melakukan penjumlahan bilangan sederhana.sehingga peneliti menggunakan media Number match dalam pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatan pehamanan siswa pada operasi hituung 1-20 sebagai Penelitian tindak kelas (PTK). PTK ini dilakukan melalui 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Babat Jerawat 1 Surabaya. Hal ini dilihat dari hasil pembelajaran oleh peneliti sebagai guru berdasarkan tes yang dilaksanakan guru pada siklus I hasil dari tes tersebut diketahui nilai rata-rata siswa pada pembelajaran ini ialah nilai rata-rata siswa pada pembelajaran ini ialah 79,25 dengan presentase daya serap klasikal 79,25% ( kategori cukup ) dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu nilai rata-rata siswa 87,90% dengan presentase daya serap klasikal 87,90% ( kategori sangat baik ) . Sedangkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh peneliti yaitu pada siklus I ketuntasan belajar klasikal yaitu 64,28% ( kategori cukup ) dan meningkat pada siklus II dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu 89,28% ( kategori sangat baik).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman operasi hitung, Pembelajaran berdiferensiasi, Media number match
Subjects: Curriculum
Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: ANITA PUSPITA SARI
Date Deposited: 07 May 2025 02:39
Last Modified: 07 May 2025 02:39
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12998

Actions (login required)

View Item View Item