Pengembangan Buku Saku Sains SD Melalui Eksplorasi Ekosistem Pesisir Gresik

Novia, Adinda (2023) Pengembangan Buku Saku Sains SD Melalui Eksplorasi Ekosistem Pesisir Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf

Download (555kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (798kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL (Cover, Kata Pengantar, Abstrak, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran).pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB 1 WATERMARK.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB 2 WATERMARK.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB 3 WATERMARK.pdf

Download (859kB)
[img] Text
BAB 4 WATERMARK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
BAB 5 WATERMARK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Adinda Novia (NIM. 180404091). Pengembangan Buku Saku Sains SD Melalui Eksplorasi Ekosistem Pesisir Gresik. Dibimbing olah Nataria Wahyuning Subayani, M.Pd dan Nanang Khoirul Umam, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku sains SD melalui eksplorasi ekosistem pesisir Gresik dengan kualitas yang meliputi hasil validasi buku saku serta respon peserta didik terhadap buku saku sains SD melalui eksplorasi ekosistem pesisir Gresik. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan metode R&D atau Research and Development. Adapun penelitian ini menggunakan model 3-D (define, design dan develop), dimana model penelitian ini diadaptasi dari penelitian yang telah dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan atau sering dikenal dengan 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Subjek dalam penelitian ini melibatkan validator yang berkompeten dalam bidang ahli media pembelajaran, ahli materi dan ahli kebahasaan serta 23 peserta didik kelas V di UPT SDN 311 Gresik pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga tahapan yaitu define, design dan develop yang disesuaikan dengan prosedur penelitian serta menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket validasi yang telah dilakukan oleh subjek penelitian. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat diperoleh bahwa pengembangan buku saku sains SD melalui eksplorasi ekosistem pesisir Gresik dapat dilakukan sebagai media pendukung dalam materi pembelajaran Ekosistem yang terdapat pada kelas V semester genap. Hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil validitas media dapat diperoleh skor akhir sebesar 4,1 dengan kesimpulan buku saku baik dan layak dengan sedikit revisi pada pemilihan font buku saku dan telah direvisi berdasarkan saran validator, validitas ahli materi dapat diperoleh skor akhir sebesar 4,6 dengan kesimpulan buku saku baik dan dapat digunakan tanpa revisi, serta validitas ahli kebahasaan dapat diperoleh skor akhir sebesar 4,4 dengan kesimpulan buku saku sangat baik dan dapat digunakan tanpa revisi kemudian di uji coba pada 23 peserta didik dengan basil baik. Adapun perolehan data dari respon peserta didik terhadap buku saku sains SD melalui eksplorasi ekosistem pesisir Gresik mendapat hasil yang baik karena dari 23 peserta didik terdapat 8 pertanyaan dengan pernyataan “Ya” dari 10 butir soal pada lembar angket penelitian, diantara 8 pernyataan tersebut antara lain: isi buku dapat menambah pengetahuan peserta didik; penyajian buku saku dapat memotivasi belajar; pembahasan mudah dipahami; penyajian materi menarik; pembahasan sesuai dengan kejadian sehari-hari; buku saku dapat dijadikan sebagai sumber belajar pada materi ekosistem; adanya gambar sesuai kehidupan masyarakat serta dapat menambah informasi tambahan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Saku Sains SD, Eksplorasi, Ekosistem Pesisir Gresik
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Adinda Novia
Date Deposited: 24 Mar 2025 03:19
Last Modified: 24 Mar 2025 03:19
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13187

Actions (login required)

View Item View Item