Mufarokhah, Siti (2025) Pengaruh Pendekatan Rme Dengan Model Radec Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas III SDd Almadany. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
![]() |
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINIL.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only until 24 March 2030. Download (425kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan kendala dalam penerapan pendekatan RME dengan model RADEC terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi soal cerita perkalian Kelas III SD ALMADANY Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes pemecahan masalah untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap penggunaan pendekatan RME dengan model RADEC. sedangkan untuk mengetahui kendala yang terjadi saat penerepan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD ALMADANY Tahun Ajaran 2024/2025 berjumlah 54 peserta didik. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan saat observasi keterlaksanan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan RME dengan model RADEC terdapat kendala dalam pelaksanaan tahapan Discuss, Explain, dan Create yang di sebabkan karena peserta didik yang kurang aktif dan percaya diri. Hasil dari data statistik inferensial terdistribusi normal dan homogen sehingga untuk melihat pengaruh pendekatan RME dengan model RADEC menggunakan uji hipotesis independent sample t test yang mendapatkan nilai sig (2tailed) sebesar 0,000 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa ”Hipotesis diterima” sehingga terdapat pengaruh dalam penggunaan pendekatan RME dengan model RADEC terhadap kemampuan pemecahanmasalah matematika materi soal cerita perkalian kelas III SD ALMADANY”
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan Masalah, Pendekan RME, Model RADEC |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Siti Mufarokhah |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 03:40 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 03:40 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13191 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |