Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Kognitif dan Sosial Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 09 Sidayu

Maharani, Laras Puspita (2024) Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Kognitif dan Sosial Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 09 Sidayu. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
PENGESAHAN LARAS PUSPITA.pdf

Download (82kB)
[img] Text
PERSETUJUAN LARAS PUSPITA.pdf

Download (68kB)
[img] Text
HAL. PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (607kB)
[img] Text
HALAMAN ORISINALITAS.pdf

Download (368kB)
[img] Text
cover laras.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (386kB)
[img] Text
bab 2 laras.pdf

Download (520kB)
[img] Text
bab 3 laras.pdf

Download (380kB)
[img] Text
bab 4 laras.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 December 2030.

Download (564kB)
[img] Text
bab 5 laras.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 June 2030.

Download (436kB)
[img] Text
bab 6 laras.pdf

Download (392kB)
[img] Text
dapus laras.pdf

Download (573kB)
[img] Text
lampiran laras.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Anak-anak di usia dini sering terpapar gadget tanpa pengawasan yang dapat menyebabkan kecanduan, penurunan kemampuan berpikir, dan gangguan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan kognitif dan sosial anak. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan Crosssectional. Populasi seluruh anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal 09 Sidayu yang berjumlah 112 anak, Sampel terdiri dari 88 anak yang dipilih secara acak menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner penggunaan gadget dan perkembangan sosial serta observasi perkembangan kognitif. Analisa data menggunakan uji Spearman Rank. Hasil: Hasil penelitian di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 09 Sidayu sebagian besar penggunaan gadget memiliki kategori sedang sebanyak 45 (51,1%) anak, Perkembangan kognitif sebagian besar memiliki kategori mulai berkembang sebanyak 52 (59%) anak dan perkembangan sosial memiliki kategori meragukan sebanyak 48 (51,1%) anak. Penggunaan gadget dengan perkembangan kognitif anak didapatkan nilai p 0,000 < 0,05. Hasil penelitian penggunaan gadget dengan perkembangan social anak didapatkan nilai p 0,000 < 0,05. Kesimpulan: Ada hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan kognitif dan sosial anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 09 Sidayu. Saran untuk orang tua diharapkan membuatkan jadwal harian yang seimbang antara waktu untuk belajar, beraktivitas fisik, dan menggunakan gadget, sehingga anak tetap memiliki waktu untuk pengembangan diri yang lebih luas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gadget, Perkembangan, anak
Subjects: Health > Nursing
Health > Science of Nutrition
Divisions: Faculty of Health > Nursing Study Program
Depositing User: Laras Puspita Maharani
Date Deposited: 05 Dec 2025 02:40
Last Modified: 05 Dec 2025 02:55
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14170

Actions (login required)

View Item View Item