Fitria, Lailatul (2025) Sistem Algoritma Apriori Untuk Menentukan Pola Pembelian Customer (Studi Kasus: Kedai Wiewiz). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (135kB) |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (127kB) |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (120kB) |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TA .pdf Download (156kB) |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (246kB) |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (352kB) |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (804kB) |
|
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (221kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Dalam bisnis kuliner, memahami pola pembelian customer sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Kedai Wiewiz merupakan salah satu bisnis kuliner yang menawarkan berbagai pilihan menu kepada customernya, namun jika dilihat dari data transaksi penjualan kedai menunjukkan bahwa pola pembelian cenderung monoton, sehingga beberapa menu kurang diminati dan mengakibatkan penumpukan stok bahan baku. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan analisis data transaksi untuk menemukan aturan asosiasi yang menghubungkan menu-menu yang sering dibeli secara bersamaan oleh customer menggunakan algoritma apriori. Penelitian ini menggunakan 516 data transaksi penjualan selama satu tahun, yang diolah melalui tahapan preprocessing, perhitungan support dan confidence, serta korelasi lift untuk menentukan kekuatan hubungan antar item yang dibeli. Analisis dilakukan dengan nilai minimum support sebesar 20% dan minimum confidence sebesar 70% untuk menemukan pola yang sering terjadi namun tetap signifikan dalam data yang lebih besar. Sehingga dari tahapan proses yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan terdapat 10 kombinasi menu dengan tingkat asosiasi yang tinggi dengan nilai korelasi lebih dari satu. Implementasi algoritma apriori dalam sistem ini membantu owner dalam mengidentifikasi pola pembelian customer, sehingga dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan stok bahan baku dan optimalisasi penjualan. Kata kunci : Pola pembelian, Algoritma apriori, Aturan asosiasi
| Item Type: | Thesis (undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pola pembelian, Algoritma apriori, Aturan asosiasi |
| Subjects: | Engineering > Informatics Engineering Engineering |
| Divisions: | Faculty of Engineering > Informatics Engineering Study Program |
| Depositing User: | Lailatul Fitria |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 09:31 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 09:31 |
| URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
