Rosdiana, Citra Putri (2023) Keefektifan Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
| ![[img]](http://eprints.umg.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text HALAMAN PERNYATAAN orsinalitas (keaslian).pdf Download (90kB) | 
| ![[img]](http://eprints.umg.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text LEMBAR PERSETUJUAN UJIAN SKRIPSI WORD.pdf Download (277kB) | 
| ![[img]](http://eprints.umg.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI WORD.pdf Download (406kB) | 
| ![[img]](http://eprints.umg.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text halaman persetujuan publikasi karya ilmiah.pdf Download (180kB) | 
| ![[img]](http://eprints.umg.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text HALAMAN JUDUL 10.pdf Download (2MB) | 
| ![[img]](http://eprints.umg.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text bab 1.pdf Download (308kB) | 
| ![[img]](http://eprints.umg.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text bab 2.pdf Download (493kB) | 
| ![[img]](http://eprints.umg.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text bab 3.pdf Download (641kB) | 
| ![[img]](http://eprints.umg.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) | 
| ![[img]](http://eprints.umg.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text bab 5.pdf Download (240kB) | 
| ![[img]](http://eprints.umg.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (369kB) | 
| ![[img]](http://eprints.umg.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text LAMPIRAN.pdf Download (721kB) | 
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui pembelajaran dengan metode bermain peran pada siswa kelas IV sekolah Dasar tahun pelajaran 2022/2023. Sebelumnya siswa masih pasif dalam mengikuti proses pembelajaran terutama dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dikarenakan dalam kegiatan belajar guru belum menggunakan model pembelajaran. Guru sering menggunakan metode ceramah dilanjut dengan mengerjakan soal yang ada pada buku tema sehingga siswa cepat bosan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebagai kelas eksperimen yang memiliki jumlah 28 siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bentuk one pretest-posttest design. Design ini terdapat pretest, sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah adanya perlakuan. Kata Kunci : keterampilan berbicara,metode role playing
| Item Type: | Thesis (undergraduate) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | keterampilan berbicara,metode role playing | 
| Subjects: | Education Primary and secondary education | 
| Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program | 
| Depositing User: | CITRA PUTRI ROSDIANA | 
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 03:13 | 
| Last Modified: | 09 Oct 2025 03:13 | 
| URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14704 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        