Cahyanti, Lisa (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
3. PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
4. HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB 1.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB 2.pdf Download (699kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB 3.pdf Download (989kB) | Preview |
|
Text
8. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (927kB) |
||
|
Text
9. BAB 5.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
11. LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Salah satu tujuan mata pelajaran matematika yaitu mengkomunikasikan gagasan dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, ataupun media lain untuk memperjelaskan masalah atau keadaan. Berdasarkan dari tujuan pembelajaran matematika tersebut, maka kemampuan komunikasi matematis peserta didik perlu diperhatikan. Akan tetapi banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan pemahaman matematika mereka. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kecerdasan emosional peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan tingkat kecerdasan emosional. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IVC SD Muhammadiyah Manyar tahun ajaran 2019 – 2020. Penelitian ini terdapat tiga peserta didik yang terdiri dari satu peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, satu peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional sedang, dan satu peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket kecerdasan emosional, tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik, dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang tinggi pula yang mampu mengilustrasikan gambar dengan lengkap, menyelesaikan dengan runtut dan benar, dan memberi kesimpulan jawaban dengan benar. Peserta didik dengan tingkat kecerdasan emosional sedang, memiliki kemampuan komunikasi matematis yang sedang, mampu mengilustrasikan gambar hampir tepat dan lengkap, mempu menyelesaikan dengan runtut, dan kurang teliti atas jawaban yang telah ditulis. Peserta didik dengan tingkat kecerdasan emosional rendah, memiliki kemampuan komunikasi matematis yang rendah, mampu mengilustrasikan gambar hampir tepat, sulit menuliskan dalam menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanya, dan tidak memberikan kesimpulan jawaban.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Lisa Cahyanti |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 07:20 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 07:20 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3761 |
Actions (login required)
View Item |