ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL

Cahyanti, Lisa (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 2.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 3.pdf

Download (989kB) | Preview
[img] Text
8. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img]
Preview
Text
9. BAB 5.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan mata pelajaran matematika yaitu mengkomunikasikan gagasan dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, ataupun media lain untuk memperjelaskan masalah atau keadaan. Berdasarkan dari tujuan pembelajaran matematika tersebut, maka kemampuan komunikasi matematis peserta didik perlu diperhatikan. Akan tetapi banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan pemahaman matematika mereka. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kecerdasan emosional peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan tingkat kecerdasan emosional. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IVC SD Muhammadiyah Manyar tahun ajaran 2019 – 2020. Penelitian ini terdapat tiga peserta didik yang terdiri dari satu peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, satu peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional sedang, dan satu peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket kecerdasan emosional, tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik, dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang tinggi pula yang mampu mengilustrasikan gambar dengan lengkap, menyelesaikan dengan runtut dan benar, dan memberi kesimpulan jawaban dengan benar. Peserta didik dengan tingkat kecerdasan emosional sedang, memiliki kemampuan komunikasi matematis yang sedang, mampu mengilustrasikan gambar hampir tepat dan lengkap, mempu menyelesaikan dengan runtut, dan kurang teliti atas jawaban yang telah ditulis. Peserta didik dengan tingkat kecerdasan emosional rendah, memiliki kemampuan komunikasi matematis yang rendah, mampu mengilustrasikan gambar hampir tepat, sulit menuliskan dalam menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanya, dan tidak memberikan kesimpulan jawaban.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Lisa Cahyanti
Date Deposited: 26 Aug 2020 07:20
Last Modified: 26 Aug 2020 07:20
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3761

Actions (login required)

View Item View Item