PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISONAL PLETOKAN PADA MATERI PENGUKURAN PANJANG KELAS II UPT SDN 76 GRESIK

RODIYAH, NUR (2020) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISONAL PLETOKAN PADA MATERI PENGUKURAN PANJANG KELAS II UPT SDN 76 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text
Persetujuan publikasi.pdf

Download (380kB)
[img] Text
Halaman judul.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab I .pdf

Download (875kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (756kB)
[img] Text
BAB IV new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas II UPT SDN 76 Gresik bahwa kebanyakan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi pengukuran panjang dan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Dari masalah tersebut peneliti melakukan penelitian dengan tujuan menerapkan strategi pembelajaran permainan tradisional pletokan pada materi pengukuran panjang. Peneliti memilih permainan pletokan karena permainan itu ada disekitar mereka. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada penerapan strategi pembelajaran permainan tradisional pletokan pada materi pengukuran panjang kelas II UPT SDN 76 Gresik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II UPT SDN 76 Gresik yang berjumlah 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar tes hasil belajar peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas II UPT SDN 76 Gresik setelah diterapkan strategi pembelajaran permainan tradisional pletokan pada materi pengukuran panjang termasuk tuntas karena memperoleh persentase ketuntasan klasikal 83,3 %. Aktivitas peserta didik pada saat penerapan strategi pembelajaran permainan tradisional pletokan pada materi pengukuran panjang termasuk dalam kategori sangat baik berada pada skala 81% ≤ P ≤ 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka penerapan strategi pembelajaran permainan tradisional pletokan dapat menciptakan proses belajar yang bermakna dengan memberikan inovasi baru berupa penerapan strategi pembelajaran permainan tradisional pletokan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Permainan Pletokan.
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Nur Rodiyah
Date Deposited: 23 Sep 2020 05:37
Last Modified: 23 Sep 2020 05:37
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4018

Actions (login required)

View Item View Item