RODIYAH, NUR (2020) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISONAL PLETOKAN PADA MATERI PENGUKURAN PANJANG KELAS II UPT SDN 76 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
Persetujuan publikasi.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman judul.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab I .pdf Download (875kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (756kB) | Preview |
|
Text
BAB IV new.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas II UPT SDN 76 Gresik bahwa kebanyakan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi pengukuran panjang dan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Dari masalah tersebut peneliti melakukan penelitian dengan tujuan menerapkan strategi pembelajaran permainan tradisional pletokan pada materi pengukuran panjang. Peneliti memilih permainan pletokan karena permainan itu ada disekitar mereka. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada penerapan strategi pembelajaran permainan tradisional pletokan pada materi pengukuran panjang kelas II UPT SDN 76 Gresik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II UPT SDN 76 Gresik yang berjumlah 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar tes hasil belajar peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas II UPT SDN 76 Gresik setelah diterapkan strategi pembelajaran permainan tradisional pletokan pada materi pengukuran panjang termasuk tuntas karena memperoleh persentase ketuntasan klasikal 83,3 %. Aktivitas peserta didik pada saat penerapan strategi pembelajaran permainan tradisional pletokan pada materi pengukuran panjang termasuk dalam kategori sangat baik berada pada skala 81% ≤ P ≤ 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka penerapan strategi pembelajaran permainan tradisional pletokan dapat menciptakan proses belajar yang bermakna dengan memberikan inovasi baru berupa penerapan strategi pembelajaran permainan tradisional pletokan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Permainan Pletokan. |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Nur Rodiyah |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 05:37 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 05:37 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4018 |
Actions (login required)
View Item |