PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MATERI MEMBILANG BENDA ANAK TUNAGARHITA RINGAN DI PUSAT KAJIAN DAN PENDAMPINGAN ABK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

Fadlilah, Nor (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MATERI MEMBILANG BENDA ANAK TUNAGARHITA RINGAN DI PUSAT KAJIAN DAN PENDAMPINGAN ABK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (295kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (2).pdf

Download (455kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II Kajian Pustaka.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran Busy Book untuk materi membilang benda 1 sampai 10 pada anak tunagrahita ringan di Pusat Kajian dan Pendampingan ABK Universitas Muhammadiyah Gresik. Proses pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini terdiri 3 peserta didik dengan gejala Down Syndrom, Slow Learner dan Tunagrahita. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah: lembar validasi, angket respon orang tua dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dan uji coba yang dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Busy Book untuk materi membilang benda memenuhi kriteria baik. Kriteria tersebut diantaranya: a) hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan validator (dosen PGSD dan Guru kelas yang ahli pada bidangnya) memperoleh nilai presentase rata-rata 86,5% yang dapat dikategorikan sangat valid, b) media pembelajaran dikatakan praktis apabila para validator menunjukkan bahwa media dapat digunakan dengan sedikit revisi, c) dikategorikan efektif dengan memperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal 100% dan hasil nilai presentase angket respon orang tua terhadap media pembelajaran Busy Book sebesar 90,66%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Busy Book ini efektif digunakan dalam pembelajaran anak tunagrahita ringan. Kata Kunci: Media Pembelajaran Busy Book, Anak Tunagrahita Ringan, Model ADDIE

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Nor Fadlilah
Date Deposited: 11 Dec 2020 07:04
Last Modified: 11 Dec 2020 07:04
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4438

Actions (login required)

View Item View Item