Fadlilah, Nor (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MATERI MEMBILANG BENDA ANAK TUNAGARHITA RINGAN DI PUSAT KAJIAN DAN PENDAMPINGAN ABK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (2).pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Kajian Pustaka.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Metode Penelitian.pdf Download (562kB) | Preview |
|
Text
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran Busy Book untuk materi membilang benda 1 sampai 10 pada anak tunagrahita ringan di Pusat Kajian dan Pendampingan ABK Universitas Muhammadiyah Gresik. Proses pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini terdiri 3 peserta didik dengan gejala Down Syndrom, Slow Learner dan Tunagrahita. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah: lembar validasi, angket respon orang tua dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dan uji coba yang dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Busy Book untuk materi membilang benda memenuhi kriteria baik. Kriteria tersebut diantaranya: a) hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan validator (dosen PGSD dan Guru kelas yang ahli pada bidangnya) memperoleh nilai presentase rata-rata 86,5% yang dapat dikategorikan sangat valid, b) media pembelajaran dikatakan praktis apabila para validator menunjukkan bahwa media dapat digunakan dengan sedikit revisi, c) dikategorikan efektif dengan memperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal 100% dan hasil nilai presentase angket respon orang tua terhadap media pembelajaran Busy Book sebesar 90,66%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Busy Book ini efektif digunakan dalam pembelajaran anak tunagrahita ringan. Kata Kunci: Media Pembelajaran Busy Book, Anak Tunagrahita Ringan, Model ADDIE
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Nor Fadlilah |
Date Deposited: | 11 Dec 2020 07:04 |
Last Modified: | 11 Dec 2020 07:04 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4438 |
Actions (login required)
View Item |