PENGEMBANGAN VIDEO KEGIATANKU PADA MATERI MENULIS NARASI DI SEKOLAH DASAR

Ulfa, Istianatul (2021) PENGEMBANGAN VIDEO KEGIATANKU PADA MATERI MENULIS NARASI DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (356kB)
[img] Text
3. HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
4. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (494kB)
[img] Text
5. (A) BAB I - PENDAHULUAN.pdf

Download (524kB)
[img] Text
5. (B) BAB II - KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (526kB)
[img] Text
5. (C) BAB III - METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (614kB)
[img] Text
5. (D) BAB IV - HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] Text
5. (E) BAB V - PENUTUP.pdf

Download (433kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video kegiatanku pada materi menulis narasi di sekolah dasar pada kelas 3 MI Al Ma’arif Sukomulyo tahun ajaran 2019//2020. Proses pengembangan media pembelajaran menggunakan model ADDIE yang dimodifikasi dan disederhanakan yaitu, analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Hasil pengembangan media pembelajaran berupa video kegiatanku berisikan materi menulis narasi dan kisah sehari-hari. Sumber data dalam penelitian pengembangan ini adalah ahli materi dan ahli media yang berjumlah 4 validator serta peserta didik kelas 3 dengan jumlah 28. Pengumpulan data yang digunakan adalah validasi media pembelajaran dan tes hasil belajar peserta didik. Dengan analisis data yaitu, analisis kevalidan media pembelajaran, analisis kepraktisan media pembelajaran serta efektivitas media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data hasil validasi diperoleh bahwa pegembangan video kegiatanku pada materi menulis narasi di Sekolah Dasar memenuhi kriteria baik, sebagai berikut: a) Hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan oleh 4 validator memperoleh presentase 100% oleh ahli materi 1 dan presentase 100% oleh ahli materi 2 dengan total rata-rata penilaian yakni 100%, dan presentase 100% oleh ahli media 1 dan presentase 79,2 % oleh ahli media 2 dengan total rata-rata penilaian yakni 89,6%yang dikategorikan dalam valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran, b) Dikategorikan praktis dari hasil analisis dalam kepraktisan media pembelajaran oleh para validator menunjukkan bahwa media dapat digunakan dengan sedikit revisi atau tanpa revisi. c) sedangkan pada tes hasil belajar, peserta didikyang memperoleh nilai sebesar ≥70 adalah sebanyak 27 dari 28 jumlah peserta didik dengan presentase 96,42% yang dikategorikan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Kegiatanku, Narasi, Validasi
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Istianatul Ulfa
Date Deposited: 20 Apr 2021 03:22
Last Modified: 20 Apr 2021 03:22
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4754

Actions (login required)

View Item View Item