PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MA YKUI MASKUMAMBANG

Anggraini, Farida (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MA YKUI MASKUMAMBANG. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.

[img]
Preview
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pendekatan true-experimental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis multimedia terhadap kemandirian belajar matematika pada peserta didik kelas XI di MA YKUI Maskumambang. Dimana kemandirian belajar yang diukur adalah saat peserta didik melakukan pembelajaran jarak jauh dengan daring. Sampel kelas eksperimen berjumlah 25 peserta didik yang mendapatkan pembelajaran menggunakan multimedia animasi model simulasi (audio visual) dan kelas kontrol atau kelas berjumlah 24 peserta didik yang mendapatkan pembelajaran menggunakan multimedia pdf (visual). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket kemandirian belajar untuk mengukur kemandirian belajar. Kedua instrumen tersebut diberikan setelah pemberian perlakuan selesai (postes). Berdasarkan analisis data hasil tes menggunakan excel 2010 untuk mencari tingkat keberhasilan dalam suatu kelas untuk menerapkan proses belajar mengajar didapat ketuntasan untuk kelas eksperimen sebesar 76% dan masuk dalam kategori memenuhi ketuntasan tinggi. Sedangkan untuk ketuntasan kelas kontrol sebesar 41,66% dan masuk dalam kategori ketuntasan rendah. Sedangkan untuk menguji hipotesis yang diajukan peneliti menggunakan SPSS 16.0 menggunkan uji t-test independent dan diperoleh bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 105,6 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 74,6250. Kesimpulan hasil perhitungan hipotesis nilai sig < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran multimedia animasi, kemandirian belajar
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Farida Anggraini
Date Deposited: 15 Jun 2021 08:17
Last Modified: 15 Jun 2021 08:17
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4999

Actions (login required)

View Item View Item