Anggraini, Farida (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MA YKUI MASKUMAMBANG. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (720kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pendekatan true-experimental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis multimedia terhadap kemandirian belajar matematika pada peserta didik kelas XI di MA YKUI Maskumambang. Dimana kemandirian belajar yang diukur adalah saat peserta didik melakukan pembelajaran jarak jauh dengan daring. Sampel kelas eksperimen berjumlah 25 peserta didik yang mendapatkan pembelajaran menggunakan multimedia animasi model simulasi (audio visual) dan kelas kontrol atau kelas berjumlah 24 peserta didik yang mendapatkan pembelajaran menggunakan multimedia pdf (visual). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket kemandirian belajar untuk mengukur kemandirian belajar. Kedua instrumen tersebut diberikan setelah pemberian perlakuan selesai (postes). Berdasarkan analisis data hasil tes menggunakan excel 2010 untuk mencari tingkat keberhasilan dalam suatu kelas untuk menerapkan proses belajar mengajar didapat ketuntasan untuk kelas eksperimen sebesar 76% dan masuk dalam kategori memenuhi ketuntasan tinggi. Sedangkan untuk ketuntasan kelas kontrol sebesar 41,66% dan masuk dalam kategori ketuntasan rendah. Sedangkan untuk menguji hipotesis yang diajukan peneliti menggunakan SPSS 16.0 menggunkan uji t-test independent dan diperoleh bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 105,6 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 74,6250. Kesimpulan hasil perhitungan hipotesis nilai sig < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran multimedia animasi, kemandirian belajar |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Farida Anggraini |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 08:17 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 08:17 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4999 |
Actions (login required)
View Item |