Apriliyan, Dimas Tri (2020) Pengembangan Media Pop Up Book Bangun Ruang Untuk Kelas V Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (282kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran Pop Up Book Bangun ruang untuk siswa kelas V sekolah dasar serta untuk mengetahui kevalidan media Pop Up Book Bangun ruang untuk siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi metode 4-D, tetapi peneliti hanya melakukan 3 tahapan, yakni : tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahap develop, peneliti hanya melakukan validasi, revisi, dan uji coba secara terbatas, sehingga teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah validasi media dan materi pembelajaran serta lembar respon peserta atau calon pengguna media Pop Up Book Bangun Ruang. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 validator ahli yakni 2 dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik dan 1 guru matematika, serta 3 validator ahli materi, yakni 2 guru kelas di SD Muhammadiyah 2 Balongpanggang dan 1 guru matematika. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan media Pop Up Book bangun ruang untuk siswa kelas V sekolah dasar memenuhi indikator kevalidan , yaitu : a) hasil validasi dari 3 validator ahli media memperoleh nilai rata-rata persentasi sebesar 96,3% yang termasuk dalam kriteria sangat valid, b) hasil validasi dari 3 validator ahli media memperoleh nilai rata�rata persentasi sebesar 94,7% yang termasuk dalam kriteria sangat valid, dan c) hasil dari 7 respon peserta didik mendapatkan nilai persentasi sebesar 90,2% yang menunjukkan media tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uraian tersebut, maka media pembelajaran dan materi yang termuat dalam media yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | 4-D model, learning media, pop up book building space |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Dimas Tri Apriliyan |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 03:39 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 03:39 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6505 |
Actions (login required)
View Item |