Pengembangan Media Pop Up Book Bangun Ruang Untuk Kelas V Sekolah Dasar

Apriliyan, Dimas Tri (2020) Pengembangan Media Pop Up Book Bangun Ruang Untuk Kelas V Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (144kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran Pop Up Book Bangun ruang untuk siswa kelas V sekolah dasar serta untuk mengetahui kevalidan media Pop Up Book Bangun ruang untuk siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi metode 4-D, tetapi peneliti hanya melakukan 3 tahapan, yakni : tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahap develop, peneliti hanya melakukan validasi, revisi, dan uji coba secara terbatas, sehingga teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah validasi media dan materi pembelajaran serta lembar respon peserta atau calon pengguna media Pop Up Book Bangun Ruang. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 validator ahli yakni 2 dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik dan 1 guru matematika, serta 3 validator ahli materi, yakni 2 guru kelas di SD Muhammadiyah 2 Balongpanggang dan 1 guru matematika. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan media Pop Up Book bangun ruang untuk siswa kelas V sekolah dasar memenuhi indikator kevalidan , yaitu : a) hasil validasi dari 3 validator ahli media memperoleh nilai rata-rata persentasi sebesar 96,3% yang termasuk dalam kriteria sangat valid, b) hasil validasi dari 3 validator ahli media memperoleh nilai rata�rata persentasi sebesar 94,7% yang termasuk dalam kriteria sangat valid, dan c) hasil dari 7 respon peserta didik mendapatkan nilai persentasi sebesar 90,2% yang menunjukkan media tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uraian tersebut, maka media pembelajaran dan materi yang termuat dalam media yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: 4-D model, learning media, pop up book building space
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Dimas Tri Apriliyan
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:39
Last Modified: 27 Sep 2022 03:39
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6505

Actions (login required)

View Item View Item