Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Di Kelas IV UPT. SD NEGERI 30 GRESIK

Ramadhanty, Suci (2023) Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Di Kelas IV UPT. SD NEGERI 30 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2018_TA_PGSD_180404021_Lembar Pernyataan Keaslian.pdf

Download (121kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404021_Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (394kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404021_halaman Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404021_Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

Download (59kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404021_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (390kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404021_BAB 1.pdf

Download (279kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404021_BAB 2.pdf

Download (471kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404021_BAB 3.pdf

Download (298kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404021_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 April 2029.

Download (603kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404021_BAB 5.pdf

Download (175kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404021_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404021_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Outdoor Learning Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa di Kelas IV UPT SD Negeri 30 Gresik pada tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam mengambil data penelitian ialah metode eksperimen dengan desain Pretest - Posttest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 30 Gresik dengan jumlah 50 siswa yang terdiri dari 25 peserta didik kelas IVA dan 25 Peserta didik kelas 1VB. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan adalah lembar validasi,lembar pengamatan, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas,uji homogenitas, uji T dan tes keterampilan menulis puisi. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh temuan bahwa ada pengaruh metode Outdoor Learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa di Kelas IV UPT SD Negeri 30 Gresik. Dibuktikan dengan Uji Paired Sample T test signifikan pada SPSS. Berdasarkan tabel out put statistik tersebut, diperoleh hasil sig (2-teiled) atau probabilitas sebesar 0,034 sedangkan taraf signifikansinya sebesar 0,05 (5%). Hal ini menunjukkan nilai probabilitas lebih kecil dari taraf signifikansi (0,034 < 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Outdoor Learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Outdoor Learning, Keterampilan menulis puisi
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Suci Ramadhanty
Date Deposited: 25 Apr 2024 09:28
Last Modified: 25 Apr 2024 09:28
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8503

Actions (login required)

View Item View Item