Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Ips Kelas V Mi Muhammadiyah 03 Takerharjo

Wahyuni, Nita Risma (2022) Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Ips Kelas V Mi Muhammadiyah 03 Takerharjo. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2018_TA_PGSD_180404051_Keaslian Skripsi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404051_Lembar Pengesahan.pdf

Download (249kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404051_lembar persetujuan skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404051_PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf

Download (207kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404051_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (952kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404051_BAB I.pdf

Download (530kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404051_BAB II.pdf

Download (497kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404051_BAB III.pdf

Download (999kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404051_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404051_BAB V.pdf

Download (261kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404051_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB)
[img] Text
2018_TA_PGSD_180404051_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh metode Mind mapping terhadap perkembangan kognitif siswa pada pembelajaran IPS kelas V MI Muhammadiyah 03 Takerharjo, pada tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam mengambil data penelitian ialah metode eksperimen dengan desain Pre-test - Post-test Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Muhammadiyah 03 Takerharjo dengan sebanyak 20 peserta didik yang terdiri dari 10 peserta didik kelas VA dan 10 Peserta didik kelas VB. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, uji validitas, uji normalitas, uji reliabelitas, uji homogenitas, uji T dan tes kemampuan kognitif. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh temuan : Adanya pengaruh metode Mind Mapping terhadap perkembangan kognitif siswa pada pembelajaran IPS kelas V di MI Muhammadiyah 03 Takerharjo. Dibuktikan dengan Uji Paired Sample T test signifikan pada Berdasarkan tabel out put statistik tersebut, menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,001 < 0,05 pada kelompok eksperimen dan 0,139 > 0,05 kelompok kontrol. Maka, dapat dinyatakan bahwa H0 diterima artinya tidak ada pengaruh pada kelas kontrol karena tidak diberi perlakuan (treatment). Sedangkan pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menyatakan, H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh metode Mind Mapping terhadap perkembangan kognitif siswa pada pembelajaran IPS kelas V di lembaga MI Muhammadiyah 03 Takerharjo yang dijadikan sebagai sampel penelitian.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Mind mapping, Perkembangan kognitif siswa pada pembelajaran IPS
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Nita Risma Wahyuni
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:36
Last Modified: 27 Sep 2023 06:36
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8509

Actions (login required)

View Item View Item